Rabu, 30 Desember 2009

MENGENAL BAKAT DIRI

Mengenal bakat diri kita sendiri ada yang bialng susah dan ada juga yang bilang mudah, dan di setiap orang adalah individu yang unik.Pada setiap orang juga perlu tanggung jawab atas dirinya sendiri untuk menemukan jalan hidupnya masing-masing. Untuk bisa berkontribusi maksimal tentunya akan sangat baik, bila setiap orang dapat bekerja di bidang yang paling sesuai dengan keunikannya.
Bagaimanakah kita mengenal bakat diri kita..... ?
Disini akan dijelaskan beberapa cara untuk mengenal bakat diri sendiri!.
Untuk yang pertama bagaimana cara kita memperhatikan reaksi spontan kita terhadap situasi yang muncul. Hal ini sering kita anggap sepele, padahal reaksi spontan yang kita miliki itu menunjukan nilai ataupun kepribadian ornang itu. Disaat kita dapat maslah yang tak terduga, ataupun disaat kita dikagetkan sama teman kita, apa yang kita keluarkan ataupun yang diespresikan, itulah sebenarnya kepribadian kita.
Yang kedua Tanda masalah menunjukan apa bakat natural kita, bagaimana sikap kita dalam menangani setiap problema kehidupan ini. Banyak orang yang menjadikan maslah kecil menjadi besar ataupun sebaliknya, padahal setiap masalah pasti ada jalan keluarnya, tidak mungkin Allah memberikan cobaan terhadap hambaNya yang diluar kemampuan hambaNya itu. Jadi ketenangan dalam jiwa kita (God Spot) sangat diperlukan dalam setiap menyelesaikan masalah-masalah kehidupan ini.
Dan yang terakhir adalah apa yang kita lakukan baik itu sebagai hobby atau pekerjaan kita merasa puas dan senang menjalaninya atau melakukannnya. Jadi perbuatan baik itu bukan hanya untuk mempamerkan diri, supaya diketahui orang bahwa kita baik, malah kita harus menjadikan perbuatan baik itu sebagai hobby, sebagai mana kita hobyy terhadap hal-hal yang bikin hati kita senang dan tentram. Kebaikan seharusnya menjadi batu loncatan kita kedepan, sudah berapa manfaatnya hidup kita untuk orang lain, atau malah hidup kita membuat orang lain menjadi susah.
Pengembangan diri merupakan kegiatan pendidikan di luar mata pelajaran sebagai bagian integral dari kurikulum sekolah/madrasah.Kegiatan pengembangan diri merupakan upaya pembentukan watak dan kepribadian peserta didik yang dilakukan melalui kegiatan pelayanan konseling berkenaan dengan masalah pribadi dan kehidupan sosial, kegiatan belajar, dan pengembangan karir, serta kegiatan ekstra kurikuler.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar